Minggu, 25 November 2018

Tips Menghidupkan Suasana Belajar yang Menyenangkan


Dokumentasi SpM Lampung
 Seorang guru atau mentor yang sedang mengajar, suatu saat pernah menjumpai kelas yang lengang. Murid-murid ditanya malah kelihatan lesu, apalagi kalau waktu mengajar di siang hari. Efek jenuh dan lelah seharian belajar. Kadang ingin buru-buru menyelesaikan jam pelajaran. Bingung mau menghidupkan suasana bagaimana lagi. Apalagi tipe guru atau mentornya bukanlah orang yang biasa melawak. Tentu cukup kesulitan menghadapi kondisi seperti ini, bukan?

Bila jam pelajaran terasa membosankan bagi murid, tentu pelajaran akan sangat sulit untuk terserap dengan baik. Sebaliknya, bila pelajaran amat menyenangkan, entah bagaimana caranya, anak-anak bisa menangkap dan mencerna materi yang telah dipelajari lebih baik. 

Oleh karena itu, guru atau mentor yang baik harus tahu bagaimana menyikapi dan mengantisipasi suasana kelas yang tiba-tiba lengang, kayak nonton film horor. Ckckck

Nah, beberapa tips berikut ini bisa guru atau mentor coba untuk meminimalisir kondisi lengang di kelas.

  • Kesan Pertama Begitu Menggoda
Berdasarkan sebuah hasil penelitian, umumnya rata-rata setiap orang untuk dapat berkonsentrasi pada satu fokus tertentu hanyalah sekitar 15 menit. Setelah itu konsentrasi seseorang sudah tidak lagi dapat fokus.

Ada pula yang mengatakan bahwa, seorang guru atau mentor harus mengambil perhatian murid-murid di 15 menit pertama. Maka, diawal sebelum guru/mentor masuk ke kelas, sudah siap dengan tampilan primanya. Misal, pertemuan kali ini adalah materi shalat jenazah. Guru atau mentor memakai kostum dikafani dan melompat masuk ke ruang kelas (seperti pocong). Horor yah! But it works! Guru pembimbing saya ketika PPL dulu yang melakukan hal tersebut kepada murid SMP nya. Dan apa ekspresi murid-murid? Mereka memperhatikan dengan serius, ada yang ketakutan, ada yang menjerit, dan bermacam-macam ekspresi lainnya. Tapi pada intinya adalah, murid-murid fokus pada guru. Lalu guru tersebut memancing murid-murid untuk menebak kira-kira materi apa yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. ada yang mengatakan, hantu, pocong, makhluk gaib, dan kawan-kawannya. Lalu sang guru meluruskan bahwa materi tersebut adalah tentang shalat jenazah. Baru setelah tertebak materi yang akan dibahas, pembelajaran dapat dilanjutkan ke materi inti.

  • Memberikan Yel-yel
Misalnya:
Guru menyapa                                  Murid menjawab
hallo                                                   Hai
Hai                                                     Hallo
Are you ready?                                  Yes!
Siapa kita?!                                       Anak Juara!

Tentunya, yel-yel tersebut sudah disepakati oleh guru/mentor dan murid.

  • Jenis Tepuk Tangan
Umumnya orang-orang bertepuk tangan bila mendengar keberhasilan seseorang atau mengungkapkan ekspresi kegembiraan. Selain itu, tepuk tangan juga ampuh untuk mengembalikan konsentrasi murid-murid. Misalnya, guru bertepuk tangan 1 x, tandanya murid siap. Tepuk semangat! prok.. prok.. prok... Se... prok..prok..prok.. Ma... prok..prok..prok... Ngat.... (kedua tangan mengulung-gulung) ambil mengatakan Seeemaaangaaat!!! kedua tangan dihempaskan ke atas. Ada banyak jenis tepukan yang dulu sering pula diberikan oleh kakak senior saat latihan pramuka atau Paskibra di sekolah dulu. Coba lah diingat-ingat kembali dan terapkan bersama murid-murid, tentu menyenangkan, bukan? Sekaligus bernostalgia.
  • Menyanyi
Kalau hobi saya sih menyanyi. Ini juga bisa diterapkan di kelas belajar. Lagu-lagu ringan yang mudah dihafal. Bisa juga guru/mentor mengkreasikan lagu-lagu yang sedang hits saat itu dengan mengubah lirik menjadi sesuai.

  • Games
Games yang ringan-ringan saja, menyusun puzzle atau membuat tebak-tebakan. Misalnya, bagaimana memasukkan gajah ke dalam kulkas? Bagaimana memasukkan jerapah ke dalam kulkas?

Boleh juga menawarkan ke murid, tentang games apa yang ingin dimainkan. Note, games yang saya maksud disini, bukan games yang download di aplikasi playstore yah. Hehee 

Demikian tips dari saya. Semoga bermanfaat. Oh ya, tips-tips ini tidak dilakukan dalam satu waktu yah, bisa-bisa malah tidak belajar. Ckckck.. Setiap mengisi kelas, mungkin tips ini hanya satu atau dua yang digunakan. Esoknya, coba tips yang lainnya.

#tips
#ezzatania 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar