Minggu, 18 November 2018

Review Gadget: Hardisk, Perpustakaan Data-Data



Dahulu, untuk menyimpan data harus menggunakan beberapa flashdisk. Memori internal di notebook pun tidak cukup untuk menampung data-data yang tersimpan. Berbagai data harus disimpan dengan aman, agar suatu ketika dibutuhkan, dapat dengan mudah mendapatkan jejaknya. 

Saya sempat kehilangan banyak data karena memori notebook yang penuh. Banyak foto, video, ataupun data lainnya yang sengaja saya hapus. Tidak hanya sengaja dihapus, data-data itu juga berserak dimana-mana. Ada yang di flashdisk teman, di komputer perpustakaan fakultas, atau bahkan di flashdisk yang sempat hilang.

Tidak ingin terulang lagi, saya akhirnya memutuskan untuk memiliki hardisk eksternal dengan kapasitas 1TB. Banyak data-data yang pada akhirnya bisa saya selamatkan dan tersimpat rapi didalam benda kotak hitam kecil ini. Saya membuatkannya folder-folder sesuai genre nya. Kampus, Kantor, Foto, Film, Musik, dan titipan teman. Hehee..

Meski sekarang sudah zamannya memakai sistem "Cloud" dimana kita bisa menyimpan data-data secara online,tapi rasanya masih insecure bila kita tidak punya backup data secara real dengan harddisk.

Harddisk esternal, meski masih konvensional, namun cukup efektif menyimpan data-data penting.

#reviewgadget
#nonfiksi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar