Minggu, 25 November 2018

Motivasi dan Tips Berhenti Merokok

Setelah hari-hari sebelumnya, tepatnya dua tulisan saya kemarin adalah tentang rokok, kali ini saya akan menuliskan lanjutannya. Kurang afdhol rasanya kalau tidak disertai dengan tips, betul yah?πŸ˜…

Kemarin saya melihat seorang anak, tepatnya pelajar SMA yang sedang mengendarai motor sambil mengisap rokok di tangan kirinya. Sontak saya yang lagi bawa motor dibelakangnya, ikut kena cipratan asap rokok tuh anak. Meski sudah pakai masker, tetap saja saya masih membaui khas rokok itu. Duh, nyebelin banget kan?

Tapi berdasarkan survey yang temukan dibeberapa artikel, banyak juga kok yang mau berhenti merokok. Tapi karena efek candu yang disebabkan oleh si nikotin, jadi rada-rada susah buat stop merokok. Kalau kata Thomas Alva Edison, "Tidak ada yang mudah, tapi tidak ada yang tidak mungkin." Nah lho.

Memang, niat saja tidak cukup. Oleh karena itu, berikut saya akan menjabarkan tentang bagaimana tips agar bisa berhenti merokok.

Tips berhenti merokok

1. Hindari orang-orang yang merokok. Biasanya kalo lingkungan sekitarmu merokok, kamu jadi pengen ikut-ikutan merokok juga. Jadi alangkah baiknya kamu sementara menghindari mereka agar tidak ada keinginan untuk merokok. Selain itu, dengarkan pula nasihat orang-orang yang kontra untuk merokok. Hal ini bakal menambah motivasi kamu untuk mantap stop loving you (rokok).

2. Pikirkan bagaimana orang-orang dekatyang kamu cintai, tentunya mereka akan menjadi perokok pasif. Menurut info, perokok pasif sama bahayanya dengan perokok aktif.

3. Cari hobi baru yang bisa mengalihkan pikiranmu agar tidak tergoda untuk merokok. Lebih seru lagi bila ternyata hobi kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Wah, yang ini mah seru beud yah. Super manfaat, badan jadi sehat karena nggak merokok plus dapat rejeki tambahan.😍

4. Memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Biasanya sih, katanya (karena saya bukan perokok ya, jadi nggak bisa ngerasainπŸ˜†), perokok itu kalau nggak merokok, mulutnya rasanya asam. Kamu bisa menggantikannya dengan makanan ringan yang sehat, atau bisa juga ngunyah permen karet.

5. Catat hal positif yang terjadi setelah berhenti merokok. Jangan merasa tersiksa karena berhenti merokok. Tanamkan selalu sugesti bahwa "saya bisa", "saya bukan perokok", dll.

6. Rutin menyikat gigi
Kalau yang ini wajib yah.πŸ˜‚

7. Olahraga
Biasakan rutin berolahraga walau hanya berjalan kaki. Yang penting keringatan yah.πŸ˜…

8. Kuatkan diri diawal-awal ketika memutuskan untuk berhenti merokok. Setiap memulai sesuatu yang baru, pasti diawal terasa berat karena masih proses adaptasi. Maka diawal harus terus menguatkan diri. Kalau kata Dilan yang berat itu rindu, tapi menurutku, yang berat itu istiqomah.😁

9. Mencari bantuan profesional seperti psikiater atau melakukan layanan konseling yang diadakan oleh Kemenkes. Seperti konsultasi di klinik-klinik mandiri atau puskesmas terdekat. Konseling bisa juga melalui telepon tidak berbayar (Quit Line) yang dapat diakses melalui nomor telepon 0-800-177-6565 pada hari Senin- Sabtu pukul 08.00 s.d 16.00 WIB (sumber www.depkes.go.id).

10. Mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan memperbanyak doa dan melakukan banyak ibadah. Ya, kita bisa bukan karena kita yang hebat, tapi karena Allah yang mudahkan. Keep to close to God.

Mengutip tausyah Aa Gym, mulailah dari 3 M, Mulailah dari hal yang kecil, Mulailah dari sekarang, dan Mulailah dari diri sendiri. Semoga beberapa tips ini bermanfaat. 😁

#artikeltips
#ezzatania
#motivasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar