Rabu, 07 November 2018

Mengajarkan Anak Memakmurkan Masjid Sejak Kecil

Setiap hari Ahad, anak-anak penerima beasiswa dari PT. Samudera Indonesia, rutin mengikuti pembinaan. Pembinaan tersebut berlokasi di mushola Nurul Iman, Jl. Udang, Gang Habib desa Garuntang, Bumi Waras, Bandar Lampung. Ada 20 anak SD yang mendapat program beasiswa ini dan disalurkan melalui Rumah Zakat Lampung.
Dok. SpM, anak-anak foto bersama setelah mengaji

Pembinaan pada hari Ahad sebelumnya, biasanya diisi dengan muroja'ah (mengulang-ulang) surat-surat pendek, tausyah, dan tahsin. Pada pembinaan kali ini berbeda. Tepat pukul 08.00 pagi, diawali dengan basmalah, anak-anak memulai senam Nusantara. mereka nampak sangat riang dan semangat. Lengkap dengan pakaian olahraga dan sepatu, mereka mengikuti setiap gerakan sang instruktur.

Setelah se

Dok. SpM, senam bersama
nam, anak-anak bergegas membentuk lingkaran, duduk membentuk dua lingkaran. lingkaran anak laki-laki dan lingkaran anak perempuan. Mereka siap mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh sang mentor. Dongengnya tentang 'Si Kancil'. Dalam dongeng tersebut, dikisahkan tentang persahabatan dan persaudaraan.

Dok. SpM, anak-anak menyantap petisan
Setelah mendengar dongeng, anak-anak memuroja'ah hafalan surat Ad Dhuha. Secara bersama-sama dengan suara keras, mereka melantunkan hafalan surat tersebut. Riuh suara mereka memenuhi mushola. Kelak, mereka jugalah yang nanti akan memakmurkan masjid, melantunkan adzan. mengimami, dan membaca Al Qur'an di mushola ini suatu hari nanti.

Kegiatan tidak sampai disitu, kegiatan selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu adalah menyantap petisan buah. Anak-anak segera melahap petisan tersebut sambil bercanda tawa, kegirangan, dan sesekali guyonan datang dari wajah-wajah polos anak-anak. Sungguh menyenangkan.

Dok. SpM, Shalat dhuha
Lelah dan kenyang, dan senang lah hari Ahad ini. Sebagai anak yang memakmurkan masjid, mereka dengan senang hati membersihkan mushola. Menyapu, melipat sajadah dan mukena.

Dok. SpM, membersihkan mushola
Semoga anak-anak ini tumbuh menjadi anak-anak yang sholih dan sholihah, cerdas, dan dapat melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya meski dalam keterbatasan dan kekurangan ekonomi. Aamiin..

#pembinaan
#beasiswaceria
#rumahzakat

#odopbatch6
 #onedayonepost
#nonfiksi

9 komentar:

  1. Wow keren anak2 yg patut dijadikan contoh buat yg lain 😇

    BalasHapus
  2. Aminnn
    Generasi kuat hebat
    Sholeh sholehah

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah.. Anak-anak memang perlu dibiasakan shalat jamaah di masjid..

    BalasHapus
  4. Mantap,masjid memang seharusnya tempat bernaung

    BalasHapus
  5. Semoga seluruh masjid di indonesia khususnya, terus dimakmurkan oleh anak-anak.

    BalasHapus
  6. Wah mantap nih kegiatannya...

    BalasHapus
  7. MasyaAllah, saya terharu bacanya mba.. ini benar benar keren.. semoga menjadi kegiatan yang melekat pada anak anak ya.. sehinga mereka akan selalu mencintai mesjid..

    BalasHapus
  8. Paling suka kalau anak anak rame ke mesjid

    BalasHapus