Selasa, 06 November 2018

Ada Gembok Ada Kunci



Perjalanan hidup tidak selamanya berjalan mulus. Hidup tidak selamanya berjalan seperti apa yang kita inginkan. Ada kalanya kita pasti menghadapi tantangan dan masalah. Di dunia ini, tidak seorang pun hidup tanpa masalah. Ia datang tiba-tiba, tanpa mengetuk pintu, tanpa permisi, dan datang kepada siapa saja. Tak harus mengikuti abjad. Tak pandang bulu juga tak pandang waktu.

Bagaimana bila masalah tersebut menimpamu? Apa yang sebaiknya dilakukan? Hal yang paling utama adalah menyukuri bahwa masalah menghampiri kita. Itu berarti Allah masih menyayangi kita. Dengan masalah tersebut, kita menjadi introspeksi diri (muhasabah), dan tentu mendorong kita untuk bermunajat kepada-Nya. Bisa jadi dengan melakukan shalat malam (tahajjud), berdoa lebih panjang daripada biasanya, ataupun menambah nilai-nilai sedekah.

Jangan pernah menganggap masalah adalah penderitaan. Jangan pula terlalu fokus pada masalah sehingga membuat diri menjadi stres dan depresi. Hal tersebut justru akan membuat hati dan pikiran semakin semrawut. Alhasil, solusi tidak kunjung terpikirkan dan terpecahkan. Alih-alih menyelesaikan masalah, malah bisa jadi masalah akan bertambah runyam.

Saat masalah tiba-tiba datang, sebaiknya tarik napas panjang, senyumlah, dan berpikir mencari solusi terbijak dan terbaik. Masalah yang menghampiri, bisa jadi terdapat suatu hikmah dibaliknya. Maka berpikir positif dapat membuat kondisi menjadi lebih baik.

Jangan pernah gentar menghadapi masalah. Teruslah berusaha. Konsultasi atau sharing kepada orang yang dipercaya, pasangan hidup, atau orang yang dipikir bijak, untuk membantu memberikan pencerahan. Percayalah bahwa disaat kita sudah mendapati jalan buntu atas masalah tersebut, tidak tahu harus kemana dan melakukan apa, Allah pasti akan menolong dan memberikan kita jalan keluar yang terbaik menurut-Nya.
Sebagaimana sebuah gembok. Sebesar apapun gembok itu pasti ada kuncinya. Bahkan meski terbuat dari besi baja sekalipun, ia pasti diciptakan pula kunci untuk membukanya. Begitulah masalah. Sebesar dan seberat apapun masalah hidup, pasti kita akan jumpai jalan keluarnya, insya Allah. Be positive. Be happy. Life today. Be wise.

#odopbatch6
#onedayonepost
#nonfiksi

9 komentar:

  1. Wah pas banget, habis baca tulisan mba Nenty disambung tulisan ini. Terima kasih sudah mengingatkan untuk selalu be positive, be happy and wise 😊

    BalasHapus
  2. Yess tiap masalah pasti ada jalan keluarnya
    Tugas kita bersabarrrrr dan terus berusaha

    BalasHapus
  3. Kalau kuncinya lagi hilang gimana ya kak? :’ harus usaha dong ya

    BalasHapus
  4. Terima kasih mbaa sudah mengingatkan melalui tulisan ini. Inspiratif mbaa

    BalasHapus
  5. Paling ngga suka ketika satu masalah belum selesai datang lagi masalah 😔

    BalasHapus
  6. Kalau ada masalah saya cenderung bersenang senang dulu, nonton misalnya.

    BalasHapus
  7. Terima kasih. Tulisannya membantu sekali buat jadi pengingat

    BalasHapus