Sabtu, 06 Oktober 2018

Serunya Bikin Pizza


 Apa yang biasanya dilakukan anak-anak ketika hari libur? Bisa jadi jalan-jalan atau berwisata. Begitupun juga dengan sebelas anak-anak binaan ini. Mereka adalah anak-anak yatim yang diajak untuk berwisata bersama. Terlebih lagi saat ini sedang di bulan Muharram. Ada keutamaan tersendiri untuk menyantuni anak yatim dibulan tersebut.

Foto bersama
Dihari weekend ini, anak-anak berwisata edukasi bersama kakak-kakak Rumah Zakat dan Bapak/Ibu guru Yayasan Al Kautsar. Perjalanan dimulai pukul 09.00 WIB, swtelah shalat dhuha. Mobil berwarna biru telah bersiaga membawa mereka, 'mobil angkot'namanya. Bisa memuat sampai 15 anak dan orang dewasa.

Adit sedang menopping
Adapun wisatanya adalah Studycook atau belajar memasak. Anak-anak belajar menghias pizza. Mereka dibagi dua kelompok, kelompok Jeruk dan Kelompok Anggur. Mereka harus menghias adonan pizza dengan topping yang telah disediakan. Adapun topping yang disediakan adalah, kacang polong, wortel, buncis, jagung, saos tomat, keju, dan mayonais.

Tidak sekedar menghias pizza. Hiasan pizza terbaik akan mendapatkan hadiah. Sehingga anak-anak semakin semangat untuk memberikan yang terbaik.

Windi sedang menopping
Sekitar lima nelas menit, anak-anak telah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tidak lupa pula mereka menuliskan namanya didekat pizza, sehingga tidak akan tertukar dengan hasil teman lainnya.

Pizza-pizza yang telah selesai dihias, disusun dalam rak pemanggangan yang besar. Lalu anak-anak dibantu oleh Kak Kukuh, koki pizza, mendorong rak tersebut ke dalam ruang pemanggangan. "Lemarinya besar banget!" Ucap Roy (8 tahun) terheran. Kak Selvy, salah satu koki pizza menimpali, "Iya, dik, lemari ini namanya oven. Oven ini yang digunakan untuk memanggang pit...."
"Szaaaaaa...!!!" Sahut anak-anak lainnya, lalu tertawa.

"Waktu pemanggangannya adalah sepuluh menit" ucap Kak Selvy.

"Sambil menunggu pizzanya matang, kita lanjut menghias donat, siaap??!" tambah Kak Selvy.

"Siaaap!!" kompak anak-anak.

Keceriaan anak-anak
Anak-anak kembali duduk. Mereka menggunakan sarung tangan dan sudah siap kembali untuk menghias. Dan diakhir, mereka lomba menghabiskan satu buah donat.

Lomba selesai, pizza pun datang. Siap pula dibungkus dan dibawa pulang. Tim juri pun sudah menilai. Akhirnya Hani dan Burhan yang memenangkan lomba mrnghias pizza.

Makan siang
Pukul 11.30 WIB, acara lanjut makan siang. Menunya ayam kecap dan capcay, ditambah es teh yang menyegarkan kerongkongan.

Setelah semua makanan dilahap, sesi terakhir adalah pembagian kado Muharram. Anak-anak mendapat sebuah tas ransel dan uang santunan. Mereka sangat gembira dan terkesan.

"Terima kasih ya kak. Kalo jalan-jalan lagi, kita kesini yaa" ucap Adit (9 tahun) senyum.

#odopbatch6
#onedayonepost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar