Selasa, 11 September 2018

Bulan Muharram (BERSAMBUNG)



Kawans.. sebelumnya kita telah mengetahui kisah-kisah yang terjadi di bulam Muharram, yang tentu semua telah Allah gariskan dan menjadi pelajaran bagi kita. Selain sejarah bulan Muharram, kita pun perlu mengetahui ibadah apa saja yang disunnahkan di bulan Muharram ini. 

Pertama, mengerjakan puasa sunnah pada hari Asyura atau tanggal 10 Muhrram.
Nabi shallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa Asyura, beliau menjawab:” Puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Dalam hadits lain, Rasulullah menjelaskan: “Sesungguhnya shalat yang terbaik setelah shalat fardhu adalah shalat tengah malam (tahajjud) dan sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Allah yang menyebutnya bulan Muharram.” (HR. Nasa’i).
Kedua, mengerjakan puasa Tasu’a atau puasa sunnah dihari kesembilan di bulan Muharram. Ibnu Abbas meriwayatkan, “Pada waktu Rasulullah dan apra sahabtnya mengerjakan puasa Asyura, para sahabat menginformasikan kepada Nabi depan insya Allah kami akan berpuasa juga pasa hari kesembilan”. Kata Ibnu Abbas, akan tetapi sebelum mencapai tahun depan, Rasulullah wafat.” (HR. Muslim).
Dalam riwayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa kita disunnahkan untuk berpuasa selama dua hari yaitu pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Ketiga, memperbanyak sedekah. Sedekah dapat menghapus dosa. Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).
Orang yang bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir. Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam menceritakan tentang tujuh jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhir, dimana ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu salah satunya “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari).
Tidak hanya itu, sedekah pun akan memberikan kebeerkahan pada harta orang yang bersedekah. Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim).
Dengan mengetahui keutamaan ibadah di bulan Muharram, mari kita bersama-sama memaksimalkannya dan mudah-mudahan Allah mengampuni dosa-dosa kita. Mari saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Billahi taufik wal hidayah...
Wallahu ‘alam bishowab...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar